Perkembangan prodi Manajemen pada awal berdirinya merupakan Jurusan Ekonomi Perusahaan dan menjadi cikal bakal Fakultas Ekonomi di Universitas Muhammadiyah Malang. Program Studi Manajemen mulai pada tahun 1984 dipimpin oleh seorang Ketua Jurusan saja Kemudian pada tahun 1990 Ketua Jurusan dibantu oleh seorang Sekretaris Jurusan. Secara resmi Jurusan Manajemen didirikan pada tanggal 18 Pebuari tahun 1985.
Jurusan Manajemen berkembang pada tahun 1990 dengan dipimpin oleh seorang Ketua Jurusan dan Sekretaris Jurusan mulai memperbaiki kurikulum sehingga pada tahun 1994 Jurusan Manajemen memiliki
4 bidang peminatan yaitu Bidang Manajemen Sumberdaya Manusia, Manajemen Produksi, Manajemen Pemasaran dan Manajemen Keuangan. Pada tahun 1998 mendirikan Laboratorium Manajemen guna memberikan pengalaman praktek manajemen kepada mahasiswa yang telah memiliki kemampuan pemahaman teori-teori manajemen.
Keunggulan prodi Manajemen. Lulusan
Program Studi Manajemen memiliki kompetensi pada pengambilan keputusan
bisnis yang mampu beradaptasi dengan perubahan kondisi dan lingkungan
sehingga mampu menjawab tantangan globalisasi dan menangkap berbagai
peluang. Kurikulum didisain ke dalam empat konsentrasi, yaitu Manajemen
Sumberdaya Manusia, Manajemen Operasional, Manajemen Pemasaran dan
Manajemen Keuangan. Pembelajaran didukung oleh dosen-dosen yang
berkompeten di bidangnya yang berpendidikan S2 dan S3, serta beberapa
dosen berpengalaman dalam mengelola bisnis pada unit-unit usaha milik
UMM dan pihak lain yang memiliki hubungan kerjasama.
Jiwa kewirausahaan mahasiswa dibangun dengan menyelenggarakan
berbagai macam diklat, praktikum, pendampingan dan pemagangan. Diklat
dilakukan dengan mengundang praktisi bisnis yang meliputi diklat
kewirausahaan, perbankan, pasar modal dan kepribadian. Praktikum
dilakukan dengan mengkaji masalah dan kasus di lapangan tentang
Manajemen Sumberdaya Manusia, Manajemen Operasional, Manajemen Pemasaran
dan Manajemen Keuangan di Laboratorium Manajemen dengan menggunakan
berbagai alat peraga dan sumber belajar. Pemagangan diutamakan bagi
mahasiswa semester akhir seiring dengan tugas akhir (Skripsi). Tempat
pemagangan bagi mahasiswa antara lain UMM Bookstore, Hotel Pendidikan
UMM Inn, dan berbagai perusahaan yang menjadi mitra kerja UMM. Praktek
kewirausahaan mahasiswa dikembangkan melalui Young Management
Enterpreneur (YME) dan Management English Community (MEC).
Sumber : diposting tgl 08 okt jam 12.24
0 komentar:
Posting Komentar